search-button

Biaya Operasi Lasik Dengan BPJS, Apakah Bisa?

   
Advertisements
Advertisements
Biaya Operasi Lasik Dengan BPJS

Apotik SehatApakah bisa biaya operasi lasik dengan BPJS? Operasi Lasik dilakukan dengan menggunakan laser oleh dokter. Operasi lasik ini bertujuan untuk memperbaiki mata minus, plus dan silinder. Operasi ini juga merupakan metode operasi terpopuler di dunia. Cara kerjanya adalah dengan mengubah bentuk jaringan transparan berbentuk kubah (kornea) pada lapisan terluar mata. Kornea tidak berwarna (bening) yang menyelimuti bagian hitam pada mata kita.

Dengan menjalani operasi Lasik, anda akan mendapatkan penglihatan normal kembali. Kenapa bisa begitu? Karena operasi Lasik membuat kornea dapat membiaskan sinar cahaya untuk fokus lebih tepat pada retina, bukan pada beberapa titik di luar retina ataupun sebelum sampai ke retina. Penyakit mata apa saja yang bisa di sembuhkan oleh operasi Lasik?

Operasi Lasik

Miopi/mata minus membuat si penderita kurang jelas atau kabur saat melihat sesuatu dalam jarak jauh. Miopi disebabkan karena bayangan yang harusnya jatuh tepat di retina malah jatuh di depan retina. Hal tersebut terjadi ketika bola mata sedikit lebih panjang dari normalnya atau ketika kurva kornea terlalu tajam.

Hyperopia/mata plus memberikan efek kebalikan dari miopi. Orang yang mengidap hyperopia akan mengalami penglihatan kabur ketika ketika melihatbobjek pada jarak yang dekat. Mata plus terjadi ketika bayangan jatuh dibelakang kornea, yang disebabkan karena bola mata lebih pendek dari normal atau kornea yang terlalu datar.

Astigmatisme/Silinder membuat bayangan benda tidak jatuh tepat pada retina, halmini disebabkan karena permukaan atau kelengkungan kornea tidak merata.

Sebelum memutuskan untuk menjalani operasi lasik, Dokter biasanya menyarankan anda untuk memakai kacamata atau lensa kontak. Tapi jika anda sudah yakin dan memutuskan untuk operasi lasik, maka anda perlu tau tentang macam operasi lasik dan yang penting anda harus tau biayanya.

Operasi Lasik Standar

Untuk menjalani operasi lasik standar, anda harus menyediakan dana sekitar 6 jutaan untuk satu mata. Operasi ini disarankan untuk pemilik kornea yang cukup tebal, karena Operasi lasik standar memiliki flap dengan ketebalan kurang lebih 140 mikron, dengan pembuatan menggunakan mikrokeratome amadeus II secara mekanik, kemudian flap dikembalikan.

Epi Lasik

Epi lasik disarankan untuk kornea yang tipis, cara kerjanya adalah dengan membuang langsung flap dan hanya bagian epitel kornea saja, nantinya selama tiga hari akan tumbuh epitel baru. Harga operasi epi lasik adalah sekitar Rp. 6,5 jutaan untuk satu mata. Operasi ini memiliki flap dengan ketebalan 60-100 mikron dan pembuatannya menggunakan mikrokeratome amadeus II secara mekanik.

Z-lasik

Z-lasik merupakan operasi dengan teknologi terbaru, yang membuatnya lebih aman karena hanya mengeluarkan sedikit energi panas juga penyembuhannya menjadi sangat cepat. Operasi ini memiliki flap dengan tebal sekitar 10-140 mikron dan pembuatannya menggunakan Femto LDV. Untuk menjalani operasi ini anda harus menyediakan dana sekitar 9.5 juta untuk satu mata.

Memang biaya operasi ini tergolong mahal, biasanya orang-orang mungkin akan mengandalkan BPJS, tapi sayangnya untuk biaya operasi lasik tidak bisa menggunakan bpjs tidak bisa menanggungnya kenapa? karena memang bpjs hanya menanggung sampai ke kaca mata saja jika anda minus anda bisa klaim kaca mata BPJS.
Harus Baca: