search-button

Terapi Telur Puyuh Untuk Asma

   
Advertisements
Advertisements
Terapi Telur Puyuh Untuk Asma

Apotik SehatTerapi Telur Puyuh Untuk Asma. Asma adalah penyakit radang kronis yang umum pada saluran udara yang ditandai oleh gejala bervariasi dan berulang, obstruksi aliran udara reversibel. Dengan kata sederhana, asma adalah penyakit yang mengganggu saluran pernafasan yang membawa udara dari dan menuju paru-paru anda. Dalam kondisi ini, dinding dalam saluran pernafasan bengkak atau meradang.

Pembengkakan ini membuat saluran pernafasan sangat sensitif terhadap iritasi dan meningkatkan kerentanan nda terhadap reaksi alergi. Begitu iritasi dipicu, imflamasi menyebabkan saluran pernafasan menjadi sempit, hanya sedikit udara bisa melewatinya, baik yang keluar atau yang masuk ke paru-paru, bahkan sampai tidak ada udara di paru-paru.

Terapi Telur Puyuh Untuk Asma

Perhatikan, tidak semua kondisi asma itu sangat parah. Gejala asma termasuk mengi (suara mendesis saat bernafas), sesak dada, masalah pernapasan, dan batuk. Penderita biasanya mengalami gejala ini paling sering pada malam hari dan pagi hari atau bila terjadi perubahan faktor enopornmental. Apa penyebab asma?

Mungkinkah itu jamur, bakteri, virus? Asma disebabkan oleh kombinasi interaksi lingkungan dan genetik yang kompleks dan tidak sempurna. Faktor-faktor ini mempengaruhi tingkat keparahan dan responsifnya terhadap pengobatan.

Dipercaya bahwa tingkat asma yang meningkat baru-baru ini disebabkan oleh perubahan epigenetika (faktor yang diwariskan selain yang terkait dengan urutan DNA) dan lingkungan hidup yang berubah.

Asma adalah penyakit kronis yang paling umum terjadi pada anak-anak - terutama anak-anak yang memiliki berat rendah ketika lahir dan terpapar asap tembakau. Sebagian besar anak mengalami gejala pertama kali pada usia sekitar 5 tahun, umumnya mereka mulai mengalami mengi dengan infeksi pernafasan.

Faktor risiko tambahan untuk anak termasuk memiliki alergi, kondisi alergi kulit eksim, atau orang tua penderita asma.

Apakah bisa disembuhkan? Asma adalah penyakit jangka panjang yang tidak bisa disembuhkan. Tujuan pengobatan asma adalah untuk menetralisir gejalanya. Pertanyaan besarnya adalah bagaimana? Saat anda mulai mengalami gejala-gejala, kunjungi dokter anda.

Biasanya dokter akan memberikan sejumlah obat-obatan atau inhaler tergantung pada tingkat keparahannya. Salah satu pengobatan utama dalam asma adalah kombinasi dari suplemen multi vitamin & mineral. Vitamin C, B6 dan Magnesium adalah kuncinya. Darimana kita mendapatkan semua itu? Di sinilah telur puyuh menjadi jawabannya.

Terapi pengobatan menggunakan telur puyuh sendiri telah diketahui sejak zaman Cina kuno. Telur puyuh mengandung vitamin serta mineral yang sangat tinggi dibanding telur ayam, mengobati asma dengan telur puyuh sangat bagus karena kandungan nilai gizinya pun mencapai 3 hingga 4 kali lipat dari telur ayam biasa.

Telur puyuh memiliki sekitar 13% kandungan protein, kandungan vitamin B1 dalam telur puyuh pun mencapai 40%. Jelaslah sudah bahwa kandungan vitamin dan mineral dalam nilai gizi telur puyuh berkhasiat bagi kesehatan. Mengobati asma dengan telur puyuh sudah terbukti secara medis.

Hampir tak ada efek alergi ataupun diatesis yang mungkin terkandung di dalamnya. Sehingga sangat aman dikonsumsi oleh anda yang mungkin memiliki masalah alergi sekalipun dengan telur ayam kampung atau negeri.

Telur puyuh ini mengandung protein ovomucoid yang baik dalam mengatasi alergi. Telur puyuh pun menyediakan kebutuhan kalsium dan zat besi yang jauh lebih tinggi dari telur ayam biasa.

Angka nilai gizi untuk kalium dan zat besi mencapai 5 kali lipat dari telur ayam biasa yang sering Anda konsumsi dalam menu makanan harian. Oleh karena itu, tak ada salahnya memang jika anda mulai beralih mengobati asma dengan telur puyuh.

Beberapa ahli kesehatan menganjurkan terapi ini dengan mengonsumsi telur puyuh mentah. Sebab telur puyuh yang telah dimasak akan mengurangi nilai gizi yang sebenarnya yang sangat baik bagi kesehatan anda. Bila dirasa sulit mengkonsumsi dalam keadaan mentah, anda bisa melakukannya dengan memasak.

Namun proses pemasakan hanya dilakukan dalam keadaan setengah matang saja, lalu dikonsumsi. Anda tidak perlu cemas untuk mengonsumsiya secara mentah, karena telur puyuh sangat tahan terhadap virus atau pun bakteri serta infeksi berbahaya. Bakteri salmonella yang sering dijumpai pada telur ayam, tidak akan dijumpai pada telur puyuh.

Pasalnya telur puyuh mengandung lisozim yang mampu membunuh bakteri berbahaya yang ada di dalam telur. Anda cukup mencuci telur puyuh menggunakan air mendidih. Jumlah telur yang harus dikonsumsi terapi telur puyuh ini adalah sekitar 3 hingga 5 telur di pagi hari untuk menjaga sistem kekebalan tubuh anda.

Dengan begini, tak ada lagi keluhan dada nyeri akibat sesak napas yang ditimbulkan oleh penyakit asma. Daya tahan tubuh akan menghalau faktor pemicu yang masuk ke dalam tubuh.

Perhatikan bahwa obat yang direkomendasikan dokter tidak boleh dihentikan ketika anda melakukan terapi telur puyuh ini. Ada baiknya berkonsultasi dengan dokter ketika menghunakan obat dan terapi bersamaan.
Baca Juga: