search-button

5 Obat Herbal Sesak Nafas yang Mudah Didapatkan

   
Advertisements
Advertisements
Apotik Sehat5 Obat Herbal Sesak Nafas yang Mudah Didapatkan. Sesak nafas dapat bervariasi dari yang ringan, sedang hingga parah. Terkadang, orang mungkin mengalami stres atau kecemasan yang bisa memperburuk kondisi ini. Apa yang menyebabkan sesak napas? Sebenarnya, normal mengalami sesak napas saat anda menjalani aktivitas fisik, seperti mendaki.

Dalam hal ini, anda hanya perlu istirahat sebentar. Namun, ada masalah kesehatan yang gejalanya adalah sesak nafas seperti bronkitis kronis, alergi, anemia, atau infeksi pada sistem pernapasan dan penyakit jantung. Juga orang yang mengidap kanker paru-paru akan terus-menerus mengalami gejala ini.

Obat Herbal Sesak Nafas

Obat Alami Sesak Nafas

Sebagian besar kondisi sesak napas tidak parah. Namun, anda perlu berkonsultasi dengan dokter jika sesak napas terjadi tanpa sebab yang jelas, seperti saat anda sedang beristirahat yang menyebabkan masalah pada tidur anda di malam hari dan juga sesak nafas yang memiliki gejala seperti sakit dada, demam, mengi dan sesak di dada atau tenggorokan.

Jika anda mengalami sesak nafas, akan sulit bagi anda untuk melakukan rutinitas secara normal. Ini akan mengganggu aktivitas keseharian dan bahkan kualitas hidup anda. Inilah obat herbal sesak nafas paling efektif yang mudah ditemukan disekitar anda.

1. Kopi Hitam

Kafein mampu meredakan kelelahan otot pernapasan sekaligus meningkatkan fungsi jalan nafas dengan cukup baik. Selain itu, dapat bekerja melawan gejala asma. Konsumsilah 1 - 2 cangkir kopi hitam yang kuat untuk menenangkan rasa sesak dan menormalkan pernapasan Anda. Namun, hindari mengkonsumsi kopi secara berlebihan karena bisa meningkatkan tekanan darah dan detak jantung.

2. Jahe

Jahe dianggap sebagai ekspektoran, jahe juga dapat diandalkan untuk mengusir lendir agar tidak mengganggu pernapasan. Selanjutnya, jahe bisa membantu anda terhindar dari infeksi saluran pernafasan atau tenggorokan.

Konsumsilah 2 - 3 cangkir teh jahe setiap hari. Untuk menyiapkan teh, ambil satu sendok makan irisan jahe segar ke dalam air mendidih. Setelah  sekitar 10 menit, masukkan madu lalu minum perlahan selagi hangat. Anda juga bisa mengonsumsi potong jahe atau permen dengan rasa jahe.

3. Buah Bit

Jika anda mengalami sesak napas karena anemia yang berasal dari kekurangan zat besi, maka bit adalah obat herbal sesak napas yang tepat untuk anda. Buah bit mengandung zat besi tingkat tinggi bersama dengan vitamin, potasium, kalsium dan serat, yang mampu memperbaiki kondisi anda. Ambil buah bit ukuran sedang dan 3 wortel, bayam dan ½ kentang manis, buatlah jus.

Kemudian konsumsi sekali setiap hari. Atau anda bisa memanggang 1-2 bit, biarkan hingga dingin lalu kupas kulitnya. Konsumsilah dengan merica dan garam. Anda juga bisa mengonsumsi lebih banyak makanan kaya zat besi dalam makanan sehari-hari Anda.
Harus Baca:

4. Minyak Kayu Putih

Keefektifan ramuan ekspektoran yang terkenal dari minyak kayu putih adalah alasan mengapa harus disertakan dalam daftar obat herbal sesak napas ini. Ada banyak obat, pelega tenggorokan dan balsem dengan ekstrak kayu putih. Namun, yang terbaik adalah menggunakan minyak esensial murni serta daunnya untuk perawatan.

Minyak kayu putih akan membersihkan lendir dari saluran pernafasan yang meningkatkan ruang untuk transfer udara, sehingga mempermudah proses pernafasan. Hal ini disebabkan eucalyptol yang merupakan minyak atsiri dari kayu putih yang bisa dianggap sebagai penghilang rasa sakit. Hal ini mampu mengatasi kejang otot yang bisa dipicu dari sesak nafas.

5. Bawang Putih

Mengandung minyak atsiri yang mudah menguap Allicin, bawang putih dianggap sebagai ekspektoran alami yang memperbaiki ruang pernafasan melalui pembersihan serta memperbaiki kapasitas paru-paru. Hasilnya, pernapasan akan menjadi normal. Selain itu, seaak nafas mungkin berasal dari gagal jantung kongestif.

Namun, bawang putih bisa mengatasi masalah itu dengan baik karena diakui bermanfaat bagi masalah jantung. Anda dapat mengkonsumsi bawang putih mentah atau memasukannya kedalam masakan sehari-hari, anda juga bisa menggunakan minyak bawang putih sebagai alternatif lain.

Demikianlah obat herbal sesak nafas yang dapat menjadi referensi anda. Daripada memgandalkan obat-obatan kimia yang biasanya diberikan oleh dokter, obat herbal tersebut bakal jauh lebih aman. Asalkan dalam pembuatan ramuan, takarannya dibuat setepat mungkin dan tak berlebihan, khasiatnya yang segudang pasti bisa dirasakan secara langsung. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh.
Sumber