search-button

Dec 6, 2016

5 Obat Perut Kembung di Apotik

   
Advertisements
Obat Perut Kembung Di Apotik
VIA : atlheteculture.com

Apotik Sehat - Perut kembung dapat terjadi apabila pada saluran pencernaan terdapat gas yang berlebihan, baik di dalam lambung ataupun usus. Udara atau gas ini yang dalam istilah medis biasa disebut dengan flatus ini bisa berasal dari luar maupun dari dalam tubuh. Dari luar tubuh, gas bisa masuk ke dalam saluran cerna bersamaan dengan proses menelan makanan, mengunyah pemen karet dan merokok. Selain itu berkendara di udara yang dingin juga bisa menyebabkan tertelannya udara secara tidak sengaja. Perut kembung memang telah menjadi masalah kesehatan umumyang menyebalkan, karena perut menjadi terasa tidak nyaman, sehingga akan membuat kita menjadi susah untuk beraktivitas. Lalu, apa sih obat perut kembung di apotik yang efektif dan manjur untuk mengatasi perut kembung?

5 Obat Perut Kembung di Apotik yang Efektif dan Manjur

  1. Disflatyl
    Disflatyl merupakan obat perut kembung di apotik yang efektif dan manjur untuk mengobati penimbunan gas yang abnormal pada saluran pencernaan. Disflatyl bekerja dengan sangat cepat dalam menghilangkan gas penyebab dari rasa kembung, dan komponen aktif polisiloksan yang ada di dalamnya juga tidak diserap oleh lambung maupun usus, sehingga tidak akan menimbulkan bahaya apapun di tubuh.
  2. Metoclopramide
    Metoclopramide adalah benzamida tersubstitusi yang dapat merangsang motilitas saluran pencernaan tanpa mempengaruhi sekresi dari lambung, empedu maupun pankreas. Metoclopramide memiliki aktivitas parasimpatomimetik dan sifat antagonis reseptor dopamin yang dapat menimbulkan efek langsung di kemoreseptor “trigger zone”. Selain itu metoclopramide kemungkinan juga memiliki sifat antagonis reseptor serotonin.
  3. Domperidone
    Domperidone adalah antagonis dengan cara kerja yang antiemetik prokinetik, sehingga dapat menimbulkan efek efek seperti pada metoclopramide. Karena obat ini tidak menembus aliran darah maka reaksi ekstrapiramidial jarang terjadi. Pemberian domperidone akan menambah lamanya kontraksi antral derta duodenum, sehingga dapat meningkatkan pengosongan lambung serta tekanan di esofagus sprinkter.
  4. Dimethicone
    Nama lain dari Dimethicone adalah dimethylpolysiloxane, yang merupakan obat antifoaming yang berguna untuk mengurangi kembung pada perut, ketidaknyamanan serta rasa sakit yang diakibatkan adanya kelebihan gas di saluran cerna serta usus. Cara kerja dari obat ini adalah dengan menurunkan tegangan permukaan gas sehingga buih di pencernaan akan membentuk gelembung yang besar dan mudah untuk dikeluarkan oleh tubuh. Selain itu obat ini tidak diserap ke aliran darah, sehingga sangat aman.
  5. Cisapride
    Cisapride merupakan obat perut kembung di apotik yang dapat meningkatkan pergerakan ataupun kontraksi dari lambung serta usus. Obat ini biasa digunakan untuk mengobati gejala kembung yang disebabkan oleh kembalinya asam lambung menuju esophagus.

Perut kembung memang sulit untuk dapat dihilangkan dan yang biasanya menjadi masalah utama adalah apabila kita terus bersendawa, walaupun hal ini bisa dibantu dengan mengurangi jumlah dari udara yang masuk atau tertelan, akan tetapi hal ini sangat sulit untuk dilakukan, karena tanpa kita sadari udara akan sering tertelan. Untuk dapat mengatasi hal tersebut, mungkin bisa dengan makan secara perlahan dan santai serta menghindari untuk mengunyah permen karet.

Seseorang yang sering bersendawa ataupun mengeluarkan gas dengan berlebih harus dapat mengubah pola makannya, misalnya dengan menghindari makanan yang sulit untuk dicerna. Apabila hal tersebut terus berlanjut, Anda bisa mengatasinya dengan meminum obat perut kembung di apotik yang efektif dan manjut seperti yang telah di jelaskan di atas.