search-button

Nov 22, 2016

Cara Mengobati Batuk Dengan Jeruk Nipis dan Kecap

   
Advertisements
Cara Mengobati Batuk Dengan Jeruk Nipis dan Kecap
Apotik Sehat – Sebagian dari Anda mungkin sudah tidak asing lagi terhadap cara mengobati batuk dengan jeruk nipis dan kecap. Kendati merupakan cara tradisional yang sangat alami, namun cara alami ini juga diketahui sangat ampuh dan efektif dalam mengatasi batuk kering maupun batuk berdahak. Namun sayangnya sudah tidak banyak kalangan yang menggunakan cara alami ini.

Penggunaan bahan-bahan alami sebagai obat herbal sebenarnya lebih aman jika dibandingkan dengan menggunakan beragam jenis obat-obatan medis. Pasalnya obat herbal dari bahan-bahan alami ini dipastikan tidak memiliki beragam efek samping negatif yang merugikan tubuh. Berbeda dengan beragam obat-obatan medis yang selalu memiliki efek samping dan kontra indikasi.

Cara Mengobati Batuk Dengan Jeruk Nipis dan Kecap

Sebut saja salah satunya seperti buah jeruk nipis. Buah yang kaya dengan kandungan vitamin C ini memang memiliki segudang manfaat untuk tubuh kita. Tidak hanya untuk kecantikan, melainkan juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Terbukti bahwa air sari jeruk nipis ini dapat membantu menyembuhkan penyakit batuk berdahak ataupun batuk kering.

Bagaimana tidak, dalam air sari jeruk nipis ini terkandung banyak nutrisi dan vitamin selain vitamin C. Berikut ini adalah kandungan yang terdapat di dalam air sari jeruk nipis seperti Asam amino, Vitamin B1, Listin, Vitamin C, Protein, Lemak, Kalori, Karbohidrat, Mineral, Fosfor, Kalsium, Zat besi.

Dengan kandungan senyawa alami tersebut tentunya tak heran jika air sari dari buah jeruk nipis ini memiliki segudang manfaat untuk tubuh manusia. Untuk membuat obat batuk, biasanya air sari jeruk nipis ini akan dicampur dengan bahan alami lainnya seperti kecap. Kecap sendiri memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang tinggi karena dibuat dari kacang kedelai.
Baca juga:
Lalu, bagaimana cara mengobati batuk kering dan juga batuk berdahak menggunakan ramuan jeruk nipis dan kecap ini? Untuk Anda yang penasaran, maka inilah cara mengobati batuk dengan jeruk nipis dan kecap yang dapat kita ketahui bersama dan Anda coba sendiri di rumah.
  • Pertama-tama siapkan terlebih dahulu bahan yang dibutuhkan, yakni 1 buah jeruk nipis segar dan kecap secukupnya.
  • Setelah itu, peras dan saring air jeruk nipis kemudian campurkan dengan kecap menggunakan perbandingan 1:1.
  • Aduk hingga merata, lalu minum sekaligus ramuan tersebut hingga habis.
  • Untuk hasil yang optimal, minum ramuan herbal tersebut 2 hingga 3 kali dalam sehari secara rutin dan teratur hingga batuk mereda.
Menurut dunia medis, pengobatan penyakit batuk dengan ramuan herbal ini masih dianggap sebatas mitos saja. Akan tetapi buktinya tidak sedikit kalangan yang masih menggunakan metode pengobatan tradisional tersebut hingga saat ini dan merasakan khasiatnya. Namun tentu tidak ada salahnya jika mencoba beragam cara alami untuk melakukan pengobatan.

Itulah cara mengobati batuk dengan jeruk nipis dan kecap yang mudah dan Anda coba sendiri di rumah. Namun jika sudah menggunakan cara tersebut batuk masih tak kunjung sembuh, maka disarankan untuk mengunjungi ahli kesehatan atau dokter. Semoga informasi kesehatan di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu serta bermanfaat.
Baca juga: