search-button

Biaya Operasi Gigi Bungsu Dengan BPJS

   
Advertisements
Advertisements
Biaya Operasi Gigi Bungsu Dengan BPJS
Apotik Sehat – Ketika gusi anda sudah tidak memiliki ruang alias penuh, sedangkan masih ada gigi yang harus tumbuh maka disitulah anda akan merasakan sakit yang luar biasa. Gigi yang tumbuh itu disebut gigi bungsu atau wisdom yang merupakan gigi geraham ketiga atau terakhir.

Gigi bungsu biasanya tumbuh ketika anda memasuki usia belasan atau awal dua puluhan. Tumbuhnya gigi ini juga menyebabkan rasa nyeri pada bagian belakang rahang.
Biaya Operasi Gigi Bungsu Dengan BPJS
Gigi bungsu tumbuh di bagian kanan atas belakang, kiri atas belakang, kanan bawah belakang, dan kiri bawah belakang. Gigi bungsu yang menusuk gusi atau miring akan mengakibatkan nyeri, bengkak bahkan demam.

Kabar buruknya saat gigi ini membesar akan mengakibatkan sakit yang luar biasa. Pertumbuhan gigi bungsu bersifat alamiah tergantung pada benihnya, jika bagus mka gigi tersebut akan tumbuh lurus tapi apabila miring, tidak ada cara untuk mencegahnya.

Bentuk rahang yang berbeda-beda, menyebabkan pertumbuhan gigi bungsu setiap orang berbeda. Pertumbuhan gigi bungsu yang miring juga mempengaruhi susunan gigi lainnya. Untuk mengatasi rasa nyeri yang ditimbulkan, anda bisa mengkonsumsi obat penghilang nyeri seperti asam mefenamat atau mefinal.

Tetapi jika gigi telah sangat menusuk gusi dan membahayakan maka harua segera dicabut. Pencabutan ini disebut operasi odontektomi dan harus ditangani oleh dokter spesialis bedah mulut. Tapi ingat wanita hamil tidak disarankan untuk menjalani operasi ini, cukup dengan mengonsumsi obat pereda nyeri saja.

Biaya untuk menjalani operasi odontektomi tergantung pada posisi gigi bungsu tersebut, semakin sulit prose pencabutan, maka akan semakin mahal biayanya. Operasi yang paling mudah biayanya sekitar Rp. 1,5 jutaan per gigi sampai sekitar Rp. 2,5 jutaan.
Harus Baca:
Biaya tersebut belum termasuk biaya foto rontgen dan penebusan obat-obatan. Cukup mahal bukan! Tapi jangan khawatir bagi peserta BPJS, karena biaya operasi gigi bungsu dengan bpjs tersebut dapat di tekan bahkan bisa sampai gratis.

Jika ingin di cover BPJS, hal pertama yang harus anda lakukan adalah pergi ke klinik kesehatan untuk memriksakan diri, setelah petugas memeriksa anda dan menyatakan bahwa anda harus diperiksa lebih lanjut, maka petugas akan memberikan anda surat rujukan.

Surat rujukan inilah yang akan menjadi modal utama anda untk mengclaim fasilitas BPJS anda. Silahkan menuju rumah sakit yang disaranakn petugas. Jangan lupa untuk nmembawa persyaratan yang diperlukan, seperti fotokopi kartu BPJS, surat rujukan, kartu keluarga dan KTP. Di rumah sakit anda akan mengisi registrasi, lalu kemudian bertemu dengan dokter untk pemeriksaan lebih lanjut, jika memang dokter menyarankan operasi maka dokter akan mengatur jafwal operasi anda.

Setelah operasi selesai, anda masih harus menyelesaikan registrasi pembayaran. Karena biaya di cover oleh BPJS maka jangan heran jika anda harus mengantri lama, karena memang banyak juga yang menggunakan BPJS, jadi harap bersabar.